Friday, 29 July 2016

Tips Porting Polished Moter 4 tak dan 2 tak




Jangan terlalu menggebu-gebu dalam modifikasi mesin korek harian. Lihat budget yang ada, karena keinginan akan tenaga yang besar tentu akan merogoh kocek lebih dalam. Karena kepuasan masing-masing orang berbeda. Untuk hematnya upgrade mesin dari kondisi standar adalah porting polished. 
Lakukan bore up hanya jika minimal bisa melakukan penyesuaian pada karburator/ecu , knalpot. 
Untuk porting motor 4tak standar harian, hal yang paling utama diperhatikan adalah memperbaiki arah aliran udara (flow). Pengerjaan pada bowl area dan valve seat akan lebih memberi efek banyak pada nafas putaran atas. Untuk sisi pertemuan intake manifold dan head usahakan jangan terlalu besar, supaya gas speed tidak turun banyak yang bikin motor malah lemes. 
Tingkatkan kevakuman silinder melalui naik kompresi, usahakan untuk tidak melakukan pemapasan terlalu banyak. Atau jika bisa, lakukan dengan trik copot paking saja. Karena pemapasan terlalu banyak akan membuat mekanikal mesin bekerja berbeda akibat rantai keteng terlalu molor. 
Pada mesin 2tak fokus untuk tidak terlalu over menaikkan exhaust. Jalur intake pun sebaiknya tidak dinaikkan. Cukup dirapikan dan diarahkan. Pada motor 2tak setiap kenaikan lubang exhaust wajib dibarengi dengan pemapasan silinder cop, menyesuaikan kompresi jalan dari durasi exhaust yang baru. 
Kesalahan pada porting block 2tak akan memberi efek sangat buruk, bahkan fatal hingga harus ganti blok baru. 
Karenanya, saran pengerjaan modifikasi tetap harus dilakukan oleh yang sudah ahli. Jikapun ingin belajar, kerjakan pada yang ahli – setelah itu : amati, tiru, kalau sudah bisa tinggal dikembangkan. 
Selamat mencoba. 

0 komentar:

Post a Comment