Friday, 29 July 2016

Apa perbedaan DYNO POWER RUN dan DYNO POWER TUNE

Tentu sudah banyak tuner & penggila modifikasi motor sudah paham tentang adanya dynotest, mesin yang digunakan untuk mengukur unjuk keluaran daya mesin pada roda belakang. Dan syukur alhamdulillah, kini RAT MOTORSPORT telah melengkapi bengkel katrok & ndeso nya dengan alat ini untuk menambah tingkat kepuasan para sahabat RAT. Tujuan khususnya pasti untuk memaksimalkan motor para pelanggan yang men-tune motor nya di RAT, maupun customer yang order paket performance parts. Tapi ada tujuan besar untuk memajukan teman-teman sesama bengkel yang ingin uji coba hasil risetnya, maupun pengguna umum untuk mencoba. Lantas apa saja manfaatnya yang bisa kamu lakukan & dapatkan ?

Dyno power runs:
Ini adalah uji coba yang seringkali dilakukan sebelum motor dimodifikasi dengan cara menaikan motor diatas mesin dyno dan kita lakukan uji lari (runing). Misal dari rpm 4,000 – 10,000 rpm pada kondisi gas pol di gigi 3 pada motor 4 speed, atau bila motor 6 speed dari gigi 5. Pemilihan gigi hanyalah patokan, sehingga nanti setelah dilakukan modifikasi bisa ditinjau lagi. Dari sini akan tampil chart dyno berbentuk kurve maupun tabel data deretan tenaga dan torque yang dapat dihasilkan mesin tersebut berdasarkan rentang RPM serta waktu tempuh yang didapat. Dari sini kita bisa mendapat informasi dan memberi masukan tentang tingkat performa mesin anda, seberapa cepat dia berakselerasi, tes topspeed, pada rpm mana sebaiknya melakukan perpindahan gigi dan bagaimana dia dibandingkan dengan motor lain. Pula kita bisa mendapatkan informasi adanya kehilangan tenaga dari selip kopling, maupun performa ban hingga kekencangan tegangan rantai yang kurang baik.

DYNO POWER RUN

VS

DYNO POWER TUNING

Dyno power tuning:
Selama dyno Tuning, kita melakukan beberapa dyno run. Diantara dyno run ini kita melakukan beberapa perubahan pada setingan dan konfigurasi motor kamu. Kemudian kita runing kembali setelah dilakukan ubahan sehingga kita bisa mengukur perbedaan terhadap penyetelan yang kita lakukan dan bagaimana respon mesin anda menerimanya. Dari situlah didapat ke – stabilan , pengulangan dan kontrol tes kita menjadi penting, sehingga tidak ada ruang untuk error dalam koleksi data.
Dyno tuning bisa berarti seberapa akurat ubahan setelan celah katup , jetting karburator, mapping cdi, kemampuan knalpot, hingga riset kompresi, porting , noken as dapat mempengaruhi performa sebuah mesin. Dan sekecil apapun ubahan yang kamu lakukan bisa terukur disini. Dan tak usah dipaksakan tterus di seting, karena dengan dyno kita bisa menganalisa mesin ini masih bisa dikembangkan, atau sudah mendektai nilai  9 ?! Useless modifikasi 3 pilar, bore up, kalau tidak bertambah tenaganya, cuma berbeda rasa di pantat😀 Ujung dari semua ilmu teknik pengukuran kompresi, porting dengan flowbench, modifikasi noken as dengan dial, dll dsb, adalah pendapatan Tenaga diatas meja dyno. Setelah dapat tenaga, barulah pebalap dan motor silahkanpasangkan dinilai di lintasan, dan tugas mekanik melihat dengan enjoy:)
Semua tipe motor, 2tak-4tak, motor baru/lama, sistem karburasi maupun injeksi bisa mendapatkan manfaat dari dyno tuning.
HOW CAN YOU BENEFIT FROM A DYNO TUNE?
Lantas bagaimana cara membaca tabel hasil dyno >? Kita bahas di artikel berikutnya yuk.

(sumber : R.A.T motorsport)

0 komentar:

Post a Comment